Kursus Pemrograman Termudah Dalam Menguasai Bahasa Programming

Teknologi terus mengalami perkembangan, khususnya dalam bidang perangkat lunak komputer. Tak heran jika kini banyak orang yang mencari kursus pemrograman untuk menguasai keterampilan ini, karena banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam pemrograman.

Untuk menjadi seorang programmer, tentu saja Anda harus menguasai kode-kode yang berfungsi dalam pembuatan program komputer. Kode ini merujuk pada rangkaian perintah yang tertulis dalam bahasa pemrograman.

 Tingkatan Bahasa Pemrograman

Sebenarnya ada banyak jenis bahasa programming yang perlu Anda kuasai melalui kursus-kursus programming, jika ingin menyusun atau mengelola program komputer. Bahasa pemrograman ini berfungsi sebagai instruksi agar komputer dapat mengolah data sesuai dengan kehendak kita.

Sebelum mengenal jenis bahasa pemrograman, ada baiknya Anda mengetahui tingkatan bahasa tersebut. Berikut ini ada beberapa tingkatan bahasa pemrograman yang perlu Anda kuasai. Kategori ini terbagi berdasarkan tingkat kedekatan bahasa tersebut dengan mesin komputer.

1.    Bahasa Mesin

Kode ini berupa bahasa biner atau penulisan angka untuk memberikan perintah pada komputer. Sebagai contoh 01000001 melambangkan huruf kapital A, 01000010 melambangkan huruf kapital B, dan lain-lain.

2.    Bahasa Programming Tingkat Rendah

Mungkin Anda sering mendengar bahasa rakitan atau assembly. Bahasa ini merupakan kode-kode singkat atau mnemonic untuk memerintah komputer dalam menjalankan sebuah fungsi. Contoh kode tersebut alah SUB, LOOP, JGE, CMP, JL, dan sebagainya.

3.    Bahasa Programming Tingkat Menengah

Bahasa komputer ini merupakan instruksi komputer yang menggabungkan kata-kata dalam bahasa manusia dan simbol. Contoh dari bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman bahasa C.

4.    Bahasa Programming Tingkat Tinggi

Instruksi pada komputer ini menggunakan bahasa komputer yang berupa kata-kata manusia. Contoh bahasa ini ialah end, if, while, and, begin, or, dan lain lain. Untuk memahami bahasa manusia, sebuah komputer memerlukan program compiler.

Ikuti Kursus Pemrograman untuk  Menguasai Bahasa Pemrograman Terpopuler

Anda dapat memilih jenis kursus programming untuk menguasai bahasa komputer. Kami menyediakan materi berkaitan dengan bahasa pemrograman yang nantinya sering Anda terapkan ketika bekerja sebagai programmer.

Dalam kursus programming, Anda dapat menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan developer.

1.    Java

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat Anda terapkan dalam berbagai platform.

2.    PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor ialah bahasa pemrograman yang berfungsi dalam pembuatan atau pengembangan situs web.

3.    Phyton

Phyton termasuk bahasa tingkat tinggi sehingga para pemula yang mengambil kursus programming dapat memahaminya dengan mudah.

4.    Visual Basic

Penggunaan visual Basic sangat penting dalam pembuatan software berbasis Windows.

5.    Bahasa C

Bahasa pemrograman standar yang perlu Anda kuasai, agar lebih mudah memahami bahasa pemrograman yang lain.

6.    C++

Salah satu bahasa C yang sudah berkembang ialah C++. Perbedaan kedua bahasa ini terletak pada cara menyelesaikan masalah. Bahasa C menyelesaikan masalah dengan membaginya ke dalam sub masalah yang lebih kecil.

Sedangkan C++ membagi masalah kedalam kategori tertentu agar dapat menyelesaikan dengan lebih efektif dan efisien. Bahasa C++ ini merupakan tingkatan lanjutan sehingga cukup sulit bagi pemula.

Metode Belajar dalam Kursus Programming

Ketika Anda mengikuti kursus programming, Anda akan mendapatkan materi secara online dan terlibat dalam pengerjaan mini proyek. Proyek ini tergantung pada kelas yang Anda ambil seperti kelas HTML, JavaScript, Hibernet, SQL, JQuery, Java, dan sebagainya.

Dengan mengikuti kursus pemrograman di https://nextgen.co.id/, Anda mampu menguasai coding dengan cepat. Terlebih lagi jika Anda sudah familiar dengan bahasa pemrograman, maka pengerjaan proyek pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *