6 Syarat Haji Yang Harus Diketahui Setiap Jemaah Haji

Rasa syukur Muslim kepada Allah dan agama-Nya Islam tampaknya tidak cukup sampai perjalanan ke Mekah dan melaksanakan haji. Meski begitu, biaya haji plus ke Mekah memiliki kewajiban tertentu dan orang percaya pasti akan melaksanakan ketentuan yang diperlukan.


Islam, agama yang benar di dunia secara eksklusif ditentukan oleh peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan. Setiap Muslim harus mematuhi kewajiban yang dianjurkan oleh Allah SWT. Hal ini tidak dapat dihindari untuk setiap pria dan wanita Muslim untuk mematuhi semua pedoman Islam terutama orang-orang yang berhubungan dengan melakukan shalat.Anda akan menemukan enam prasyarat penting yang harus dipenuhi seseorang sebelum memilih haji atau dia tidak akan memenuhi syarat untuk melakukan ritual Islam yang sangat penting ini. Prasyarat tanpa memiliki haji yang tidak dianggap wajib meliputi:

– Saat ini beragama Islam

Semua fungsi ibadah dan doa Islam hanya berlaku untuk umat Islam; begitu juga dengan menunaikan haji. Penyebab mengemudi adalah bahwa setiap ibadah kepada Allah yang dilakukan oleh orang-orang kafir tidak sah. Jadi, seorang non-Muslim harus masuk Islam sejak awal. Begitu dia menjadi Muslim dengan menerima Allah SWT sebagai satu-satunya otoritas tertinggi dan Muhammad (saw) sebagai Rasul masa lalunya, maka dia terikat untuk menyelesaikan tanggung jawab dalam Islam. Sekarang dia bisa sholat 5 waktu setiap hari, menunaikan zakat dan menunaikan haji serta banyak ritual Islam lainnya.

– Menjadi Dewasa

Haji adalah wajib sekali dalam seumur hidup untuk setiap pria dan wanita Muslim dewasa. Anak-anak kecil tidak diwajibkan untuk melakukan haji tetapi jika ibu dan ayah mereka memilih bersama dengan mereka, haji akan disetujui. Hal yang paling efektif di sini adalah fakta bahwa hadiah tidak hanya masuk ke anak tetapi ayah dan ibu bahkan dapat dihargai bahkan haji mereka sendiri.

– Menjadi otak yang sehat

Jika seseorang ditimpa penyakit fisik atau mental yang nyata sedemikian rupa sehingga dia tidak mengetahui apa yang dia lakukan atau katakan, haji tidak wajib bagi orang-orang yang tidak waras ini sampai dia kembali ke keadaan normal. negara.

Nabi (SAW) menyebutkan: “Pena telah diangkat dari beberapa (yaitu, tiga perbuatan tidak dicatat dan karena itu laki-laki atau perempuan tidak bertanggung jawab):

satu. manusia gila sampai dia melibatkan indranya

2. seorang anak yang sedang menunggu pubertas;

tiga. Hanya satu yang tidur sampai dia bangun

[HR. Abu Dawud (4403), al-Nasaa’I (3432), al-Tirmidzi (1423) dan Ibn Majaah (2041)]

– Saat ini gratis

Haji tidak wajib bagi seorang budak. Mengingat dia mungkin tidak memiliki dana yang cukup untuk transportasi, dan tempat tinggal dan lain sebagainya. Selanjutnya, dia akan terganggu dengan tanggung jawab terhadap tuannya.

– Mampu secara Fiskal

Setiap Muslim dewasa yang mampu secara finansial untuk melakukan haji, harus melakukannya dengan semua kemungkinan secepat mungkin. Sebaliknya, ketika Anda terlilit hutang atau potensi ekonomi Anda tidak cukup maka Anda biasanya tidak diperbolehkan untuk memilih haji. Karena jumlah dana yang mapan diperlukan untuk berwisata ke Mekkah, bertempat tinggal di sana dan kembali lagi.

– Mampu secara fisik

Menjadi mampu secara fisik berarti Anda harus memiliki tubuh yang sehat agar ia dapat menanggung semua kesulitan yang ideal dari perjalanan ke Mekah dan semua sebagai akibat dari menyelesaikan ritual haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *